Langsung ke konten utama

COMPOSITE BAND

 Tahapan Composite Band

Composite Band

Composite band adalah proses komposit atau penggabungan tiga band untuk mendapatkan suatu warna RGB (Red, Green, Blue) tertentu. Adapun beberapa komposit band adalah sebagai berikut:

·       Band 4, 3, 2 : Natural Color

·       Band 7, 6, 4 : False Color

·       Band 5, 4, 3 : Color Infrared

·       Band 6, 5, 2 : Agriculture

·       Band 7, 6, 5 : Atmosphere Penetration

·       Band 5, 6, 2 : Healthy Vegetation

·       Band 5, 6, 4 : Land/Water

·       Band 7, 5, 3 : Natural with Atmosphere

·       Band 7, 5, 4 : Shortwave Infrared

·       Band 6, 5, 4 : Vegetation Analysis



Tahapan Composite Band :

1.    Add data terlebih dahulu 11 band data landsat yang akan di composite.



2.    Setelah 11 band ditambahkan, kemudian klik “ArcToolBox”, lalu klik “Data Management Tools” (2), lalu klik “Raster”, lalu klik “Raster Processing” (3), kemudian klik “Composite Band” (4).



3.    Setelah itu, masukkan atau tarik 11 band ke kolom yang tersedia di fitur composite band (harus berurutan 1-11) (1), lalu tentukan dimana output akan disimpan kemudian klik save (pakai .tif) (2), terakhir klik tombol “OK” (3).



4.    Tunggu sampai proses composite selesai. Jika di pojok kanan bawah sudah ada pemberitahuan seperti pada point 1, maka itu tandanya proses composite band sudah berhasil dilakukan. Dan point 2 akan otomatis muncul juga.



5.    Selanjutnya, atur RGB pada hasil composite band sesuai kebutuhan.



6.    Hasil Composite Band dengan menggunakan band 4, 3, 2 (natural color).



Composite Band Citra Landsat-8 Kabupaten Kuningan 2019


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Spasial

ANALISIS SPASIAL           Menurut KBBI analisis adalah  penyelidikan thd suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb ). Sedangkan spasial menurut KBBI memilik arti  berkenaan dengan ruang atau tempat.           Analisis spasial dapat diartikan sebagai teknik-teknik yang dapat digunakan untuk meneliti dan juga mengeksplorasi dari sudut pandang keruangan. Semua teknik ataupun pendekatan perhitungan secara matematis yang berhubungan dengan data keruangan atau spasial dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah analisis spasial.                Berikut adalah dasar yang perlu dipelajari untuk analisis spasial: Merge; adalah penggabungan atau kombinasi beberapa data (input) yang berdampingan dan menghasilkan satu hasil (output) yang menyatu dan tidak saling memotong. Sumber : Bahan Ajar Analisis Spasial Dissolve ; proses penggabungan data yang letaknya berdampingan yang memiliki nilai atribut yang sama