Langsung ke konten utama

REMOTE SENSING (PENGINDERAAN JARAK JAUH)

PENGINDERAAN JARAK JAUH (REMOTE SENSING)

Definisi penginderaan jauh menurut beberapa ahli:

  • Lindgreen (1985) : penginderaan jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi.
  • Curran (1985) : penginderaan jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
  • Colwell (1983) : penginderaan jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada obyek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari obyek yang di indera.
  • Lillesand dan Kiefer (1979)  : penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap obyek, daerah, atau gejala yang dikaji.
Jadi dapat disimpulkan bahwa penginderaan jauh ini ialah sebagai ilmu-teknik-seni yang digunakan untuk mendapatkan informasi atau data mengenai suatu kondisi fisik, obyek, hingga daerah melalui analisa dan perhitungan tanpa adanya kontak langsung dengan target yang dikaji.

Pada awalnya penginderaan jauh ini dilakukan menggunakan balon udara sehingga ketika balonnya terbang saat itulah Thaddeus S. C. Lowe memotret obyek yang berada dibawahnya.

Mulai tahun 1909, ditemukan teknologi pesawat terbang oleh Willbur Wright maka penginderaan jarak jauh dilakukan menggunakan pesawat terbang.

Pada Perang Dunia II, penginderaan jauh digunakan untuk menyusun strategi perang guna melancarkan serangannya dengan baik.

Mulai tahun 1960-1970an mulailah muncul ide-ide untuk memotret dari luar angkasa. Kemudian satelit pertama yang diluncurkan pertama ialah satelit landsat. 

Satelit sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, diantaranya yaitu untuk keperluan pertanian, analisa cuaca, analisa suhu, dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam penginderaan  jauh sendiri ada tiga hal penting, yaitu:
  1. Sumber energi matahari
  2. Media perantara (berupa gelombang elektro magnetik)
  3. Sensor untuk setiap spektrum gelombang elektromagnetik
Untuk sistem sensor sendiri dibagi menjadi sistem sensor aktif dan sistem sensor pasif. Yang mana sistem sensor pasif ini menggunakan energi matahari, sedangkan sistem sensor yang aktif ini mempunyai energinya sendiri.

Sistem peninderaan jauh memiliki empat jenis resolusi, diantaranya:
  1. Resolusi spasial (ukuran obyek)
  2. Resolusi spektral (panjang gelombang)
  3. Resolusi radiometrik (tingkat kedetailan)
  4. Resolusi temporal (lama waktu)



Referensi:
Bahan Ajar Sistem Informasi Perencanaan 2020 (Irland Fardani S.Si., M.T.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

COMPOSITE BAND

 Tahapan Composite Band

Analisis Spasial

ANALISIS SPASIAL           Menurut KBBI analisis adalah  penyelidikan thd suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb ). Sedangkan spasial menurut KBBI memilik arti  berkenaan dengan ruang atau tempat.           Analisis spasial dapat diartikan sebagai teknik-teknik yang dapat digunakan untuk meneliti dan juga mengeksplorasi dari sudut pandang keruangan. Semua teknik ataupun pendekatan perhitungan secara matematis yang berhubungan dengan data keruangan atau spasial dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah analisis spasial.                Berikut adalah dasar yang perlu dipelajari untuk analisis spasial: Merge; adalah penggabungan atau kombinasi beberapa data (input) yang berdampingan dan menghasilkan satu hasil (output) yang menyatu dan tidak saling memotong. Sumber : Bahan Ajar Analisis Spasial Dissolve ; proses penggabungan data yang letaknya berdampingan yang memiliki nilai atribut yang sama